Monday, July 16, 2018

Program POS GIZI di Desa Guyangan Trucuk Bojonegoro 2018



Guyangan, Juli 2018--- FS

Ruang panti PKK sejak tanggal 5 Juli 2018 terlihat ramai tak seperti biasanya. Tampak ibu beserta balitanya mengikuti kegiatan pos gizi yang direncanakn berjalan selama 12 hari. Dan hari ini memasuki hari yang ke enam. Program ini merupakan program dari pemerintah untuk mengatasi kasus balita kurang gizi. Sasarannya adalah anak usia 6 bulan – 5 tahun. Criteria balita kurang gizi adalah berat balita yang tidak naik 3 kali berturut turut dan pada grafik KMS berada pada garis kuning ataau merah.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai contoh pola pemberian makan balita dan asupan nutrisi yang benar. Dengan adanya program ini diharapkan berkurangnya jumlah balita kurang gizi di desa Guyangan Kec. Trucuk kab. Bojonegoro.“ jelas ibu ketua umum PKK Desa Guyangan.

Tujuan pos gizi adalah

  • Meningkatkan status gizi balita BGM dan BGT.

  • Menggali potensi dan sumber daya yang ada pada masyarakat untuk mengatasi masalah gizi dan kesehatan.

  • Merubah perilaku masyarakat dengan mencontoh dan mempraktekkan  perilaku keluarga Positive Deviance.

  • Meningkatkan partisipasi kader dan aparat desa.

  • Meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menangani masalah kesehatan dan gizi.

menu yang diberikan pun beraneka ragam dan berganti di tiap harinya seperti snack berupa roti dan biscuit, sop ayam, sayur menir, soto, bakso, rawon dan sebagainya.



 "

“ penyebab balita kurang gizi adalah menu makan yang diberikan monoton dan ibu masih mengandalkan ASI ( untuk balita di bawah usia 2 tahun).” Tutur Ibu Sri Utami salah satu kader PKK.

“orang tua yang kurang telaten dan kurang kreatif membuatkan menu makanan juga menjadi slah satu sebab balita mengalami keniakan berat badan satganan bahkan mengalami penurunan.” kata Ibu Yuli kader PKK sekaligus Ibu Modin Desa Guyangan.

"Namun, hal ini juga dipengaruhi oleh karakter balita itu sendiri. Ada balita   yang pilih-pilih makanan, ada balita yang sangat aktif, makannnya lahap, sehingga asupan gizi habis digunakan untuk beraktivitas.” Jelas Ibu Lailani ( Ibu Kades Guyangan).

Adapun harapan dan pesan  Ibu kepala desa dalam kegiatan pos gizi ini.



https://www.youtube.com/watch?v=gGBxosfbhSc&feature=youtu.be

0 comments:

Post a Comment